AMAGO Goes to Yogyakarta – Raptor Indonesia

AMAGO Goes to Yogyakarta – Raptor Indonesia

Yogyakarta, 27 Februari 2012

Perjalanan sang AMAGO – Elang jawa menuju Yogyakarta dimulai !

Sebentar lagi Nightspade akan segera meluncurkan game terbarunya di tahun 2012 yaitu AMAGO (Amazing animals in the Archipelago) edisi Elang Jawa. Sebelum pengembangan selesai kami menemui tim dari Raptor Indonesia untuk memperkenalkan mobile game dari Nightspade yang bertemakan satwa Langka Indonesia kepada para researcher dan tim konservasi Elang Jawa. Raptor Indonesia (RAIN) adalah sebuah lembaga yang mewadahi para peneliti dan pemerhati raptor di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2000, menjadi salah satu garda terdepan dalam upaya konservasi raptor dan habitatnya di Indonesia.

Nightspade diundang untuk menjadi salah satu pembicara dalam Seminar dan Lokakarya Indonesia “Menyikapi Perkembangan terkini Konservasi Raptor Indonesia” di Wisma Kagama, Yogyakarta. Seminar berlangsung cukup ramai dan menyenangkan. Disana kami menceritakan keinginan kami untuk turut serta membantu pelestarian Elang Jawa melalui media mobile game. Kami yakin dengan media baru ini, penyampaian pesan akan lebih cepat sampai ke masyarakat dengan cara yang lebih fun. Kami ingin game AMAGO ini berkontribusi secara langsung dengan organisasi yang terkait seperti, Raptor Indonesia, Suaka Elang dan Kanopi Indonesia. Tidak hanya itu, kami berharap AMAGO mampu melanglang buana dan menjadi conservation media platform untuk hewan-hewan langka yang berada di dunia.

Ide AMAGO diterima dengan terbuka oleh tim dari Raptor Indonesia dan peserta lain yang hadir dalam seminar. Kami berharap kedepannya kerjasama ini akan terus berlangsung dan mampu membantu dalam melindungi sang Garuda di Nusantara.

Acara tidak selesai sampai disini saja. Pada hari kedua kami menghadiri, acara launching buku tentang “Garuda Mitos dan Faktanya” di hotel Inna Garuda. Acara dimulai dengan perkenalan pengarang, perkenalan tentang isi buku dan lelang buku untuk disebarkan di Indonesia. Setelah mengikuti acara ini kami semakin yakin betapa Sang Elang Jawa yang telah ditetapkan sebagai simbol satwa Nasional karena kemiripannya dengan Garuda, Lambang Negara Indonesia, sedang terancam hidupnya. Dua hari ini membuat kami tidak sabar untuk segera melaunching AMAGO dan doa kami untuk sang Garuda semoga engkau mampu terbang tinggi membelah nusantara.

“Aku adalah Garuda, burung milik Wisnu yang membentangkan sayapnya menjulang tinggi di atas kepulauanmu.

“I am Garuda, Vishnu’s bird, spreading my wings high above your islands.”

“Ik ben Garuda, Vishnoe’s vogel, diezijn vleugels uitslaat hoog boven uw einlanden”

Bait sajak karya Raden Mas Noto Soeroto dalam wayang- Liederen yang dibacakan oleh Presiden Soekarno ketika diminta memberikan nama untuk maskapai penerbangan Indonesia”